Harga Mobil Dinas Gubernur Rp 4 Miliar Lebih

PEKANBARU, KOMPAS.com — Meskipun Gubernur Riau HM Rusli Zainal sudah mendapatkan mobil dinas Toyota Crown Majesta 3.000 cc seharga Rp 1,8 miliar, ia kembali akan mendapatkan mobil dinas jenis jip seharga Rp 2,3 miliar.

“Proyek pembelian mobil ini telah diumumkan di salah satu media massa nasional yang menjadi tempat pengumuman resmi Pemprov Riau untuk pengadaan lelang,” kata Kabag Perlengkapan dan Penyimpanan Barang Daerah Anasri, Jumat (30/10).

Menurut Anasri, selain Rusli Zainal, mobil dinas mewah juga disediakan untuk Ketua DPRD Riau Johar Firdaus dan dua Wakil Ketua DPRD Riau, serta sejumlah kepala dinas.

“Untuk total dana pembelian mobil dinas bagi Gubernur, Wakil Gubernur, Ketua DPRD Riau, Wakil Ketua DPRD Riau, termasuk diperuntukkan bagi belasan pejabat eselon II dan setingkatan, disediakan anggaran sekitar Rp 18 miliar,” kata Anasri.

Adapun pihak sekretariat DPRD Riau menyebutkan, usulan pembelian mobil dinas tahap pertama akan diprioritaskan terhadap 7 pimpinan fraksi dan 4 pimpinan komisi. Sesuai dengan undang-undang, kendaraan dinas untuk para anggota setara dengan pejabat eselon II.

Sementara itu, Kepala Biro Perlengkapan Pemprov Riau Rusli M tidak membantah adanya rencana pembelian itu. Ada sebanyak 50 pembelian dilakukan pada tahun 2009.

Jumlah ini belum termasuk rencana pengadaan mobil dinas untuk setiap anggota DPRD Provinsi Riau periode 2009-2014.

Rusli M mengatakan, proyek pembelian yang sudah selesai dilakukan adalah pengadaan mobil dinas Gubernur Riau, Wakil Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau, dan tiga wakilnya.

“Semua kendaraan ini sudah digunakan oleh pejabat bersangkutan sejak beberapa waktu lalu. Pembelian itu dilakukan tahun 2009,” katanya.

Wakil Gubernur Riau H Raja Mambang Mit yang ditemui secara terpisah membenarkan jika anggaran pembelian mobil dinas tersebut pernah ada di APBD Riau tahun 2009 dan sudah direncanakan sejak tahun 2008.

“Tetapi berapa jumlah anggarannya dan apa jenis mobil dinas yang akan diadakan saya tidak ingat karena banyak item dalam APBD,” kata Mambang.

Pengadaan mobil dinas untuk Gubernur, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Riau, serta kepala dinas di Riau ini mendapat kecaman dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Riau.

Menurut aktivis KAMMI, Dede, sikap para wakil rakyat ini sangat jauh dari apa yang mereka janjikan kala berkampnye dulu.

“Sekarang kesannya anggota dewan berlomba mendapatkan fasilitas, termasuk mobil mewah, bukan memperjuangkan nasib rakyat seperti yang dulu dijanjikan dalam kampanye,” kata Dede.

Jumat, 30 Oktober 2009 | 15:48 WIB

 Sumber : http://regional.kompas.com/read/xml/2009/10/30/15482565/harga.mobil.dinas.gubernur.rp.4.miliar.lebih

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: