ASET DAERAH SUMBANG RP 1,3 M

Pengelolaan aset dan kekayaan daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ternyata belum mampu memberikan konstribusi maksimal terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terbukti selama 2009, pendapatan dari retribusi aset hanya Rp 1.341.882.500.

Gedung VIP di Bandara Sultan Hasanuddin misalnya, sebagai penyumbang terbesar diantara aset yang dikelola hanya berkontribusi Rp 75 juta. Penyewaan ruangan per sekali pakai hanya Rp 150 ribu. Pengelolaan Gedung Olahraga Sudiang yang megah hanya mampu menyumbangkan Rp 50 juta dalam setahun. Sepinya penyewa gedung dengan nilai sewa Rp 5 juta per hari membuat pemasukan ke kas daerah menjadi sangat minim.

Kantor Bank Sulsel yang juga dipersewakan hanya memberikan kontribusi Rp 6.300.000 selama setahun. Jumlah setoran itu masih kalah dibanding setoran gedung PKP Sudiang atau gedung LPTQ Talasalapang yang masing-masing Rp 16,5 juta dan Rp 16,3 juta.  Mes Pemda yang ada di Malino dan Gedung Kesenian Makassar bahkan tidak mencatatkan setoran sama sekali dalam setahun. Padahal kedua gedung tersebut ditargetkan masing-masing Rp 12 juta dan 35 juta.

Penyewaan aset yang bernilai cukup besar pada pemanfaatan gedung Celebes Convention Center yakni Rp 797,4 juta. Ballroom yang dikelola Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel juga menyumbang Rp 59,7 juta. Pendapatan Pemprov Sulsel yang terbilang besar hanya berasal dari penyertaan modal pada perusahaan daerah atau perusahaan swasta. Pemasukan yang berasal dari laba Bank Sulsel misalnya, sebesar Rp 58,9 milyar, PT. GMTD Rp 237 juta serta PT. Askrinda Rp 107 juta.

Kepala Seksi Evaluasi Dinas Pendapatan Sulsel, Harmin, Kamis 11 Februari 2010 mengatakan, Pemprov Sulsel sebenarnya masih memiliki sumber pendapatan dari Mes yang berada di Jakarta, Surabaya dan Denpasar.  Pengelolaan dan targetnya dilakukan sendiri oleh kantor Penghubung yang tahun ini menyumbang Rp 325,4 juta. Sedangkan Kepala Bidang Perencanaan Dinas Pendapatan Sulsel, Andi Yani mengatakan sumber pendapatan terbesar masih dari sektor pajak kendaraan bermotor.

Sumber : Harian Fajar ( Jumat, 12 Februari 2010) atau

http://www.sulsel.go.id/index.php/home-mainmenu-1/98-umum/1860-aset-daerah-sumbang-rp-13-m.htm 

 

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: