Pemkab Kesulitan Mendata Aset Daerah

TANJUNG REDEB. Pendataan aset milik daerah yang dilakukan Pemkab Berau bekerjasama dengan BPK belum sepenuhnya bisa berjalan dengan baik. Pasalnya, masih banyak aset daerah yang belum terdata, karena bukan perkara mudah. Ini karena ada item yang sukar dan perlu kerja sama dari beberapa pihak yang terkait, karena yang dilakukan adalah menaksir aset atau barang yang sudah ada sejak lama.

“Sampai sekarang memang belum optimal, tapi kerja sama dengan BPK yang dilakukan ini, kami yakin bisa berjalan dengan baik,” ungkap Bupati Berau Makmur pada media ini ditemui Jumat (12/2).

Inventarisir aset daerah menurut Makmur sangat penting, karena terkait perhitungan kekayaan daerah untuk memudahkan pengelolaannya kelak. Untuk perhitungan aset daerah yang masih baru tentu tidak akan kesulitan.

“Yang sulit adalah menaksir aset yang sudah lama, makanya kita bekerja sama dengan BPK, untuk kemudahan penyelesaian pekerjaan seperti ini. Juga agar lebih efektif, sebab mereka tentunya jauh lebih paham masalah seperti ini,” jelasnya lagi.

Makmur tetap komitmen untuk menyelesaikan pendataan aset daerah menjadi yang terangkum dalam daftar, selain itu mempersiapkan langkah efektif untuk pengelolaannya. Hal ini seperti pernah disampaikan anggota Komisi II DPRD Berau Anwar S Sos, percepatan inventarisir aset daerah sangat penting dilakukan, sebagai upaya peningkatan pendapatan asli daerah melalui pengelolaannya.

“Kita harus bisa mengejar target, tidak saja cepat dalam inventarisir aset, tetapi pengelolaan aset daerah secara total untuk meningkatkan pendapatan. Ini harus menjadi motivasi bagi pemerintah daerah,” ungkap Anwar.

Sebab pemerintah daerah sudah masuk tahapan pengelolaan dan tidak lagi berbicara inventarisir, karena sudah melewati tahapan itu. Terhadap kesulitan yang dihadapi dalam inventarisir tersebut, Anwar juga mengakuinya. “Pasti ada jalan dan tentunya harapan bisa segera tercapai,” tandasnya.(sep)

 

Sabtu, 13 Februari 2010

Sumber:  http://www.sapos.co.id/berita/index.asp?IDKategori=287&id=4497

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: