KALTENG TARGETKAN RETRIBUSI DAERAH SEBESAR RP4,5 MILIAR

 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah menargetkan pendapatan dari pos retribusi pemakaian kekayaan daerah tahun ini meningkat sekitar 25 persen menjadi Rp4,5 miliar pada APBD 2010.

Palangkaraya, 2/3 (Antara/FINROLL Automotive) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah menargetkan pendapatan dari pos retribusi pemakaian kekayaan daerah tahun ini meningkat sekitar 25 persen menjadi Rp4,5 miliar pada APBD 2010.

“Kami berharap setiap tahun terjadi kenaikan pendapatan dari pemakaian aset dinas untuk mendukung pendapatan asli daerah,” kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalteng Rudiansyah Iden, di Palangkaraya, Selasa. Rudiansyah mengakui, selama ini pemungutan retribusi pemakaian kekayaan daerah yang memanfaatkan obyek milik sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masih kurang optimal besarannya.

Hal itu terjadi karena jenis kekayaan daerah yang potensial untuk meraih retribusi juga terbatas, antara lain dari pemakaian tanah, bangunan, pemakaian kendaraan atau alat berat, pemakaian peralatan pemeriksaan kesehatan hewan dan pemakaian kekayaan daerah lainnya.

Meski demikian, pendapatan dari pos retribusi tersebut setiap tahun tercatat beberapa kali mengalami peningkatan yakni pada tahun 2006 hanya mendapat Rp1,26 miliar, selanjutnya menjadi Rp889 juta pada 2007, dan kembali naik signifikan pada 2008 menjadi Rp2,35 miliar.

Sementara pada 2009 pos retribusi pemakaian kekayaan daerah itu berhasil mendatangkan pendapatan sebesar Rp3,63 miliar sehingga tahun ini ditargetkan terus naik menjadi Rp4,5 miliar. Rudiansyah mengakui, pendapatan pemakaian aset itu terbilang sangat kecil dibandingkan dengan nilai aset kekayaan daerah milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang mencapai Rp3,457 triliun.

Hal itu disebabkan, dari seluruh kekayaan daerah itu, hanya sebagian kecil diantaranya yang dapat dijadikan retribusi misalnya pada bidang bangunan gedung terbatas pada obyek rumah dinas, bangunan aula, mes, asrama, dan wisma milik masing-masing SKPD.

Sementara sebagian besar aset daerah tercatat berupa jalan, jembatan, irigasi, jaringan, dan gedung perkantoran yang sulit mendatangkan pendapatan kembali dari retribusi karena menjadi fasilitas publik.

Retribusi serupa juga dapat diperoleh dari aset bergerak berupa peralatan dan mesin terbatas pada obyek alat-alat berat yang berada pada dinas pekerjaan umum, alat berat laboratorium, dinas pertambangan, dan dinas perindustrian dan perdagangan.

Written by Rollit Tuesday, 02 March Sumber : http://automotive.id.finroll.com/asuransi/21-berita-terkini/31152-kalteng-targetkan-retribusi-daerah-sebesar-rp45-miliar.html

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: