Pemrov Jateng Diminta Reinventarisasi Aset

 ANTARA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah meminta pemerintah provinsi ini menginventarisasi ulang seluruh aset yang dimiliki. Ketua Komisi C DPRD Jawa Tengah Novita Wijayanti, di Semarang, Rabu, mengatakan, inventarisasi ini bertujuan agar seluruh aset dapat dikelola secara tertib.

“Validasi aset ini mendesak untuk segera dilakukan demi terciptanya pengelolaan aset yang tertib,” kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini. Menurut dia, pendataan serta validasi aset yang selama ini dilakukan oleh pemerintah provinsi belum optimal.

Hal tersebut, kata dia, tampak dari belum tercatatnya seluruh aset yang dimiliki pemerintah povinsi dalam neraca daerah. Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah Arif Awaludin menuturkan, inventarisasi aset pemerintah provinsi mendesak dilakukan agar tidak permasalahn di kemudian hari.

“Misalnya, kehilangan aset atau gejolak sosial di masyarakat,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera ini. Pendataan aset yang harus dilakukan, lanjut dia, berupa penelusuran status hukum serta pembuatan peta penyebaran aset.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengatakan, berdasarkan pendataan Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah, provinsi ini memiliki aset tanah senilai Rp8,82 triliun, peralatan dan mesin sebesar Rp857,52 miliar, serta aset berupa gedung dan bangunan sebesar Rp1,24 triliun.

Selain itu, lanjut dia, terdapat pula aset berupa jalan irigasi dan jaringannya senilai Rp1,01 trilun, aset tetap lainnya senilai Rp16,99 miliar dan konstruksi dalam pengerjaan sebesar Rp13,58 miliar.

Menurut dia, belum seluruh aset yang dimiliki Jawa Tengah telah terdata, sehingga belum dapat disampaikan secara tepat dalam neraca daerah.

Rabu, 03 Mar 2010

 Oleh : Immanuel Citra Senjaya Sumber :

http://www.antarajateng.com/detail/index.php?id=25959

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: