Sejumlah aset Pemkab tak berfungsi

 BIREUEN – Sejumlah bangunan aset Pemerintah Kabupaten Bireuen tak berfungsi. Padahal, jika bangunan itu difungsikan akan dapat mendatangkan pendapatan untuk daerah.

Bangunan itu diantaranya, pasar gewan di Gandapura, pasar grosir di Kota Juang, industri keramik di Juli, pabrik susu kedelai di Peudada, dan jembatan rangka baja di Kutablang. Bupati Bireuen, Nurdin Abdul Rahman, mengakui beberapa bangunan masih telantar sejak dirinya menjadi bupati, seperti industri keramik, pasar Hewan, serta jembatan rangka baja.

“Pasar Hewan Gandapura belum difungsikan karena tidak ada air, namun dalam tahun ini kita sudah mengupayakan untuk membangun sarana air dan musalla dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Sehingga ke depan pasar hewan kebanggaan masyarakat Bireuen itu dapat dimanfaatkan dengan harapan dapat menambah pendapatan rakyat dan daerah,” harapnya, sore ini.

Terkait industri keramik di Juli, katanya, lokasi bangunan sudah tidak layak lagi karena berada dalam kawasan permukiman penduduk dan dekat dengan meunasah. Karena itu pabrik keramik itu belum dapat dimanfaatkan. Selain itu, mesin keramiknya sudah jarang digunakan. Sementara pabrik susu kedelai di Peudada, hingga kini diakui Bupati juga belum dapat difungsikan.

Pasalnya, mesin yang ada saat ini adalah mesin semiotomatis, sedangkan yang diusulkan sebelumnya adalah mesin otomatis, sehingga pabrik susu tersebut juga belum bisa digerakkan. Padahal dengan pabrik itu dapat mendatangkan pendapatan bagi masyarakat dan daerah.

Sedangkan jembatan rangka baja di kawasan Mon Keulayu Kutablang, menurut Nurdin, sebelum dirinya menjadi bupati, jembatan tersebut sudah ada dan bermasalah, sehingga kini belum bisa dilanjutkan pembangunannya.

“Namun, kita telah mengusulkan kembali melalui dana Otsus 2010 untuk dilanjutkan pembangunannya,” katanya. Sedangkan pasar grosir yang belum berfungsi secara sempurna itu akan disewa oleh koperasi industri garment yang dibina Muslim Aid dan ASD.

“Kita berharap kedepan, semua aset pemerintah itu akan dapat difungsikan demi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat serta untuk mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bireuen.

Dukungan semua pihak sangat diharapkan untuk kelancaran perekonomian masyarakat,” harapnya.

Editor: SATRIADI TANJUNG

Sumber : http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=95319:sejumlah-aset-pemkab-tak-berfungsi&catid=13:aceh&Itemid=26

Monday, 08 March 2010

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: