Aset Pemko amburadul

BANDA ACEH – Pengelola aset milik pemerintah kota (Pemko) Banda Aceh terlihat masih amburadul. Seperti halnya permasalahan aset tanah, hampir setiap tahun menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Sehingga status aset itu tidak jelas. Padahal biaya pengurusan pembuatan sertifikat tanah selalu dianggarkan dalam APBK. Untuk itu didesak walikota Banda Aceh menuntaskan kasus tersebut. Jika hal ini dibiarkan, maka komitmen walikota patut dipertanyakan.

“Sejak tahun 2007 telah berulangkali diminta walikota menuntaskan pengurusan sertifikat tanah yang telah dibebaskan sejak 2005. Hingga Agustus 2010, masih terdapat 62.907 meter persegi tanah yang belum bersertifikat,” ujar  anggota komisi A DPRK Banda Aceh, Surya Mutiara, sore ini.

Dikatan, penyebab berlarut-larutnya proses penerbitan sertifikat tanah, karena tidak diketahui letak dan ukurnya. Di samping itu, peraturan pemerintah Nomor 6 tahun 2006 tentang pengelolaan barang milik negara serta Permendagri Nomor 17 tahun 2007 tentang pedoman teknis, disebutkan tanah milik pemerintah daerah harus disertifikatkan.

Bahkan juga terdapat perbedaan data yang signifikan antara yang dimiliki Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) dengan Bagian tata pemerintahan (Tapem) sebagai pelaksana teknis untuk pembebasan tanah. Begitu juga dengan data yang ada pada kantor BPN kota Banda Aceh.

Dijelaskan, data versi dari tata pemerintahanbagian Tapem yang diserahkan kepada dewan, yakni tanah Pemko yang belum bersertifikat seluas 183.185 meter persegi. Sedangkan yang sudah bersertifikat 432.857 meter persegi, termasuk tanah yang dibebaskan untuk keperluan drainase dan jalan.

Sementara data dari DPKAD menunjukkan baru seluas 331.896 M2 tanah yang sudah bersertifikat. “Artinya, saat ini masih ada kesimpangsiuran data terhadap aset tanah Pemko. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan hilangnya aset tersebut,” tandasnya.

Editor: SASTROY BANGUN

Wednesday, 25 August 2010 16:09   

 

Sumber :  http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=138862:aset-pemko-amburadul&catid=13:aceh&Itemid=26

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: