DPRD Surabaya Protes Pembongkaran Siola

 Surabaya- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surabaya memprotes pembongkaran gedung Siola karena dinilai masuk dalam kategori cagar budaya tipe A.

Anggota Komisi A Bidang Hukum DPRD Surabaya, Erick Reginal Tahalel, Minggu, mengatakan, proses pembongkaran disinyalir tidak sesuai prosedur karena membongkar gedung bagian dalam khususnya lantai dua.

“Persoalan muncul karena investor melakukan pembongaran lantai dua yang merupakan bangunan asli yang harus dilindungi sebagai aset cagar budaya,” katanya.

Menurut dia, jika ada perubahan terhadap gedung Siola lantai dua, maka pihak yang melakukan pembongkaran bisa dijerat dengan kasus pidana. Adapun untuk lantai empat, ujar Erick, pihaknya tidak mempersoalkan, karena bangunan lantai empat merupakan bentuk struktur tambahan.

Artinya, bangunan tersebut tidak asli dari bangunan zaman dulu. “Kalau lantai empat tak masalah. Itu bangunan tambahan,” ujarnya.

Disinggung upaya untuk mengembalikan jumlah lantai menjadi tiga lantai, Erick menegaskan, proses pengembalian patut didukung.

Namun, semua harus dilakukan penelitian, apa yang dibongkar bangunan lama atau tambahan. Sebab, apapun alasannya bangunan yang masuk cagar budaya tidak boleh dibongkar. “Saya melihat kan ada upaya mengelabuhi aturan,” kata kader Golkar ini.

Hal sama juga diungkapkan anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya, Simon Lekatompessy. Ia mengatakan pembongkaran yang dilakukan tidak bisa dibenarkan.

Jika ternyata dalam pembongkaran investor telah mendapat izin, maka pihak yang mengeluarkan izin harus di persoalkan. Pasalnya, cagar budaya di Siola masuk kategori tipe A.

“Saya baru telpon pejabat Pemkot, cagar budaya di Siola masuk tipe A. Itu tidak bisa dibongkar seenaknya,” kata dia. Simon menegaskan, pihaknya akan segera berkoordinasi untuk memanggil Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) Pemkot Surabaya yang terkait dengan persoalan itu.

Bahkan tim cagar budaya juga akan di panggil untuk menjelaskan persoalan ini.ant

Editor : Satwiko Rumekso Minggu, 12 September 2010

SUMBER : HTTP://WWW.SURYA.CO.ID/2010/09/12/DPRD-SURABAYA-PROTES-PEMBONGKARAN-SIOLA.HTML

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: