Keluarga Mantan Pejabat Kuasai Aset Pemkab

 

PANGKAJENE — Pemerintah Kabupaten Pangkep segera menginventarisasi aset. Pasalnya, sejumlah aset diduga dikuasai oleh keluarga mantan pejabat.

Kepala Bidang Aset Daerah BKDD Pangkep, Iskandar Alwi, mengakui adanya rencana inventarisasi aset dalam waktu dekat. “Saya telah bertemu bupati dan membicarakan rencana tersebut. Dan beliau sudah memberikan dukungan,” ungkap dia.

Menurut Alwi, inventarisasi aset telah diatur dalam Permendagri Nomor 17 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara serta diperkuat Perda Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pengalihan Barang Daerah. Pencatatan aset serta penilaian dilakukan sekali dalam lima tahun.

Harus diakui kini memang ada beberapa keluarga mantan pejabat yang masih menempati sejumlah rumah dinas yang seharusnya bukan haknya lagi. Selain itu persoalan aset daerah selalu menjadi temuan dalam laporan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Temuan tersebut diantaranya menyangkut nilai aset, serta tidak jelas pengelolaannya.

Berdasarkan data BKDD, kendaraan dinas yang dimiliki pemkab sebanyak 159 unit roda empat. Rumah milik pemerintah ada 45 unit. Dua aset ini memang yang paling rawan dikuasai oleh oknum-oknum tertentu.
BPK sudah berkali-kali memperingatkan pemerintah agar menarik kembali aset pemerintah yang dikuasai oleh sejumlah oknum, terutama kendaraan dan rumah.

Menurut informasi, sekurangnya sembilan unit rumah milik pemkan dikuasai oleh yang tidak berhak. Selain rumah dan randis, pemerintah juga sering menghadapi persoalan pemilikan lahan sekolah. Dalam tahun ini, sudah dua lahan sekolah dasar di Kecamatan Labbakkang yang dikuasai oleh warga yang mengklaim sebagai ahli waris lahan tersebut. (aha)

SENIN, 13 SEPTEMBER 2010

Sumber : http://lokalnews.fajar.co.id/read/104506/98/keluarga-mantan-pejabat-dikuasai-aset-pemkab

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: