Tuntaskan Aset Daerah

WAKIL Ketua DPRD Ketapang Jamhuri Amir, meminta pemkab Ketapang untuk segera menghimpun atau inventarisir asset-aset daerah, baik aset bergerak maupun tidak bergerak. Selain untuk mengetahui jumlah, manfaatnya.

Inventrisasi ini berguna untuk kajian efisiesnsi penggunaan anggaran dan mengantisipasi konflik yang terjadi dikarenakan keberadaan aset itu sendiri. “Kita mintakan pemkab segera menuntaskan soal aset daerah, agar kedepannya tidak terjadi persoalan dikemudian hari sehingga mengakibatkan konflik,” ungkapnya kepada Pontianak Post diruang kerjanya, Senin (19/10) kemarin.

Salah satu contoh aset bergerak adalah kendaraan dinas baik roda dua maupun roda empat. Banyak aset jenis ini yang perlu dikaji ulang keberadaannya, seperti kendaraan yang sudah memiliki mesin tua. Karena semakin tua mesin kendaraan maka berdampak pembengkakan biaya pemeliharaan. “lebih baik kendaraan sudah tua itu didum saja sebagaimana aturan yang ada dari pada dibiarkan dengan biaya pemiliharaan yang tinggi,” jelasnya.

Jamhuri sendiri tak mengetahu persis jumlah kendaraan dinas yang ada termasuk alokasi dana untuk pemeliharaan kendaraan, bensin serta tetek bengek lainya. “Yang saya ketahui untuk satu unit roda empat kendaraan dinas alokasi pemeliharaan, BBM, bisa mencapai belasan juta rupiah,” terangnya. Ia mengatakan DPRD Ketapang bisa saja meminta data inventarisasi aset tersebut sebagai bahan untuk fungsi pengawasan dewan.

“Tapi untuk meminta inventarisasi aset melalui komisi terkait,” katanya. Selain aset bergerak adapula aset yang tak bergerak seperti bangunan dan tanah. “Kita mintakan tanah yang belum jelas statusnya diperjelas melalui sertifikat, agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” pintanya.

Baru-baru ini ada pengaduan masuk ke DPRD Ketapang mengenai masalah aset tanah. Dimana masyarakat menuntut pemkab membereskan gantirugi soal tanah. Padahal tanah tersebut sudah dirikan bangunan sekolah yang dibangun pemerintah. “Masyarakat mengklaim itu tanah mereka, sementara pemkab melakukan hal yang sama. Makanya permasalahan ini harus diselesaikan,” tandasnya. (har) 

Selasa, 19 Oktober 2010

Sumber : http://www.pontianakpost.com/index.php?mib=berita.detail&id=41195

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: