Aset DKI Senilai Rp498 Triliun Jadi Obyek Sengketa

 

INILAH.COM, Jakarta – Aset milik Pemprov DKI senilai Rp498 triliun kini menjadi obyek sengketa dengan warga. Meskipun Pemprov DKI memiliki bukti kepemilikan, banyak warga yang tetap mempersoalkannya.

Terkait masalah ini, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pemprov DKI menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan pendataan.

“Diperkirakan nilainya mencapai Rp498 triliun,” ungkap Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Sukri Bey, Rabu (5/1/2011). Kepala Biro Hukum DKI Jakarta, Sri Rahayu memberi contoh, di Jakarta Barat terdapat 20 aset yang bermasalah.

Namun, sebagian besar sengketa itu sudah dimenangkan oleh Pemprov DKI. Hanya saja, pihak yang mengklaim aset tersebut mengajukan kasasi ke MA.

Sebanyak 20 aset yang bermasalah di Jakarta Barat itu terdiri dari 14 bidang tanah di Kelurahan Meruya Selatan dan menjadi menjadi obyek sengketa antara Pemprov DKI dengan PT Portanigra. Ke-14 bidang tanah itu terdiri dari empat SDN, satu SMPN, satu kantor kelurahan, satu kantor Dinas Sosial, satu Puskesmas, lima fasilitas sosial/fasilitas umum yang menjadi kewajiban pihak developer, dan satu lahan kosong eks BPPT Tomang. “Untuk ke-14 aset daerah ini, Pemprov DKI dalam posisi menang.

 Kemudian PT Portanigra mengajukan kasasi ke MA, karena tidak puas dengan keputusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Jadi saat ini 14 aset tersebut masih dalam proses MA,” kata Sri Rahayu di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (5/1/2011). [tjs]

Sumber : http://metropolitan.inilah.com/read/detail/1118332/aset-dki-senilai-rp498-triliun-jadi-obyek-sengketa

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: