Aset Pemkab Tobasa tak tepat guna

 

“Kami melihat banyak pemanfaatan kantor yang tidak sesuai dengan rencana pembangunan sebelumnya,” ujar Ketua Fraksi Toba Bersatu DPRD Toba Samosir, D. Robet Hutajulu di Balige, malam ini.

Ia mencontohkan kantor bagian umum yang dibangun di daerah Simanjalo yang sebelumnya diperuntukkan sebagai kantor Bappeda. “Padahal seharusnya kantor ini tidak boleh pisah dengan kantor bupati,” katanya.

Selain itu, rumah dinas Camat Balige yang telah selesai dibangun kemudian dijadikan rumah dinas Sekdakab Toba Samosir, namun hingga kini belum ditempati. “Pemkab Toba Samosir perlu memperjelas dan meluruskan penggunaannya,” ucapnya.

Menurut dia, banyak aset Pemkab Toba Samosir yang tidak lagi layak pakai, bahkan biaya pemeliharaannya jauh lebih besar dibanding nilai bangunannya.

“Juga banyak kendaraan dinas buatan tahun 2000 ke bawah dan aset lain yang seharusnya sudah dihapus dari daftar inventaris,” sebutnya.
Berdasarkan pengamatan, katanya, mobil dinas berplat BB 320 E jenis Mercedec Benz dan mobil kijang BB 1005 yang dipinjam pakai Kejaksaan Negeri Balige juga belum diserahkan kembali ke pemerintah daerah.

“Keberadaan ke dua mobil dinas tersebut perlu ditelusuri,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Robet, kepemilikan tanah pemda juga perlu mendapat perhatian bupati, di antaranya Balai Latihan Kerja Aek Natolu yang hingga kini belum jelas statusnya, apakah milik Kementerian Kehutanan atau milik rakyat yang dihibahkan.

“Jika milik Kehutanan hendaknya diajukan pengalihan hak kepada Kementerian Kehutanan, tapi bila menjadi hak rakyat seharusnya dilengkapi surat penyerahannya,” kata Robet.

Editor: ANGGRAINI LUBIS

Sumber : http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=164416:aset-pemkab-tobasa-tak-tepat-guna&catid=15:sumut&Itemid=28

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: