Pemkot Bakal Dililit Utang

 

 

PARE-PARE, UPEKS—Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Parepare 2011, diprediksi bakal mengalami defisit cukup besar yang berdampak merugikan masyarakat.

Akibatnya, pemerintah daerah akan mengalami kesulitan dalam menutup defisit tersebut nantinya. Semua itu hanya dapat diatasi dengan melakukan pinjaman dan menjual sejumlah aset daerah.

Tak tanggung-tanggung, defisit bisa menembus angka Rp90 miliar padahal tahun sebelumnya hanya sekitar Rp33 miliar. Hal itu terungkap dalam rapat komisi II di gedung DPRD, Selasa lalu.

Sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) Parepare, untuk tahun anggaran 2010 lalu hanya mencapai Rp20 miliar saja, dan pada tahun anggaran 2009-2010 estimasi defisit Parepare mencapai Rp80 milliar.

Sesuai hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hanya sekitar Rp60 miliar lebih dengan Silpa sekitar Rp23 miliar. Dalam APBD Perubahan 2010 lalu, defisit kembali membengkak. Celakanya, pada dokumen RAPBD 2011 masih terdapat utang pemkot kepada pihak ketiga dengan nilai Rp33 miliar.

“Jika hitungan-hitungan meleset, paling tidak jauh dari nilai Rp90 miliar. Tapi yang pasti dan jadi persoalan, bagaimana cara pemkot menutupi defisit sebesar itu. Bila akan dipaksakan, kemungkinan besar pemkot harus menjual aset atau meminjam ke pihak ketiga,” papar anggota Banggar DPRD Parepare, kepada Upeks, HA Abd Rahman Saleh di DPRD, kemarin.

Pemkot Parepare harus menutup jumlah defisit dikurangi Silpa sehingga defisit sekitar Rp70 miliar. “Ini dikarenakan banyaknya usulan SKPD yang tidak melalui Banggar dan seperti siluman. Itu nanti diketahui saat SKPD yang merasa dirugikan curhat ke komisi,” bebernya.

Kepala Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Parepare, Yodi Haya MM, dalam rapat gabungan komisi meminta kepada seluruh pihak utamanya dewan untuk lebih selektif mencermati setiap usulan SKPD.

 

Kamis, 13-01-2011

 

Sumber : http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=59445

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: