Tahap Awal Lingkungan Sekda : 2011 Target Penertiban Aset Daerah


 

Sintang. Banyak aset daerah yang tidak tertib, mengharuskan Pemkab Sintang mulai melakukan penertiban. PLh Sekda Sintang Drs H Zulkifli HA menegaskan, 2011 ini Pemkab Sintang akan melakukan penertiban aset daerah. Penertiban dimulai dari lingkungan sekretariat daerah kemudian ke tiap SKPD.

“Untuk 2011 ini kita akan mulai melakukan pendataan dan penertiban aset daerah, baik bergerak maupun tidak bergerak,” ungkap Zulkifli, pada Equator kemarin.

Menurutnya, penertiban aset daerah dimulai dengan melakukan inventarisir sejumlah aset yang ada baik yang bergerak maupun tidak. Dikatakannya, setelah dilakukan inventarisir, kemudian dilakukan penertiban. “Penertiban ini, kita mulai dari sekretariat daerah, pada 11 bagian yang dibawahi sekretariat daera,” tegasnya.

Menurut Zulkifli, bendaharawan barang di setiap bidang bakal diminta untuk segera melakukan inventarisir aset yang ada. Mulai dari kendaraan roda empat roda dua, hingga pada aset tidak bergerak yang dibeli dengan uang daerah, seperti komputer, laptop, printer lemari bahkan hingga dispenser dan gelas sekalipun. “Pokoknya semua barang yang dibeli dengan dana daerah mesti di inventarisir, dispenser dan gelas sekalipun mesti didata,” tegas.

Pria yang menjabat sebagai asisten I Sekda Sintang ini menambahkan hasil pendataan dan penertiban itu tentunya akan diketahui, seberapa besar aset dan kekayaan daerah. “Karena itu pendataan dan penertiban aset ini mulai kita lakukan. Untuk tahap awal kita lakukan di sekretariat daerah,” ujarnya.

Diakuinya, selama ini inventarisir dan pendataan sejumlah aset daerah lemah. Terutama pendataan aset yang tergarap seperti kendaraan roda dua dan empat. Pergantian dan pergeseran pejabat daerah biasanya diikuti dengan pergeseran dan perpindahan aset daerah seperti motor dan mobil.

“Kadang-kadang ada pejabat kita yang pindah tugas lalu kendaraan dinasnya juga ikut pindah. Inilah yang sulit kita lacak dan terkadang hilang jejak,” tambahnya.

Ditegaskannya, pendataan tidak hanya dilakukan bagi barang atau aset yang masih bisa digunakan. Aset yang rusak, juga tetapi didata dan ditertibkan. “Yang rusak juga kita data dan akan kita simpan di satu tempat. Nanti, juga akan kita buat berita acaranya,” ucap Zulkifli.

Lebih lajut Zulkifli menegaskan setelah penertiban di sekretariat daerah dilakukan, kemudian target berikutnya di setiap SKPD. Sayang, pria berkulit putih ini, tidak bisa memastikan kapan pastinya giliran SKPD.

“SKPD juga akan kita tertibkan. Kita berharap melalui pendataan dan penertiban ini, bisa diketahui seberapa besar aset yang dimiliki daerah. Karena, aset yang ada, akan kita masukkan dalam neraca kekayaan daerah,” ujarnya.

Terakhir, Zulkifli mengimbau, bagi para pegawai yang menggunakan fasilitas daerah baik bergerak maupun tidak, diharapkan dapat menjaga dan memeliharanya. “Karena yang kita gunakan hanya sebatas pinjaman,” ingatnya. (dri)

Jum’at, 14 Januari 2011

 

Sumber : http://www.equator-news.com/index.php?mib=berita.detail&id=84571

About beritaaset

Aset untuk semua

One response to “Tahap Awal Lingkungan Sekda : 2011 Target Penertiban Aset Daerah”

  1. BAIM says :

    Setuju Pak Setda….. beresin dulu aset setda baru SKPD lainnya, itu bentuk komitmen pejabat yang perlu dicontoh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: