Pembagian Jatah Mobil Dinas Riau Terkesan Ditutup-Tutupi

PEKANBARU–MICOM: Meski menuai kecaman, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tetap membagikan jatah ratusan mobil dinas baru kepada pejabat daerah.

Sedari awal, pembagian mobil dinas itu terkesan ditutup-tutupi sejak mulai perencanaan di DPRD hingga akhirnya dibagikan secara sembunyi-sembunyi.

Ratusan mobil dinas berkapasitas 1.500 cc dan 2.000 cc merek Nissan X-trail dan grand livina diadakan dengan sistem sewa pakai per tahun dengan anggaran Rp30 miliar dari APBD Riau. Mobil dinas model terbaru berjumlah total sebanyak 215 mobil dibagikan ke ratusan pejabat esolan II dan III di lingkungan Pemprov Riau.

“Seharusnya dari sejak perencanaan, DPRD melarang pengadaan mobil dinas itu. Karena porsi dana APBD Riau sudah terlalu besar untuk memanjakan para aparatur pemerintah sedangkan untuk pembangunan masih sedikit,” kata Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Andy Yusran kepada Media Indonesia di Pekanbaru, Kamis (28/4).

Namun Andy mendukung sistem sewa pakai yang dilaksanakan oleh Pemprov Riau dalam pengadaan mobil dinas bagi para pejabat pada tahun 2011 ini. Sebab, sebelum-sebelumnya pembelian mobil dinas baru kerap disalahgunakan oleh para pejabat. Bahkan tak sedikit dari para pejabat Riau yang sudah menerima fasilitas mewah itu enggan mengembalikan mobil dinas yang sudah diberikan dari uang rakyat tersebut.

“Dengan sistem sewa pakai kita harapkan jangan ada lagi para pejabat yang tak mau mengembalikan mobil setelah masa jabatan berakhir,” ujarnya.

Akan tetapi, lanjut Andy, Pemprov Riau wajib memberikan transparansi kepada masyarakat terkait penggunaan mobil dinas. Mobil dinas harus digunakan sesuai fungsinya untuk menunjang kerja dan hanya digunakan pada masa kerja. (OL-12)

Penulis : Rudi Kurniawansyah

Kamis, 28 April 2011 19:20 WIB

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/04/04/221731/126/101/_Pembagian_Jatah_Mobil_Dinas_Riau_Terkesan_Ditutup-Tutupi

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: