Belum Teridentifikasi, 253.452 Aset Kabupaten Serang

SERANG (Pos Kota) – Kepala Bidang Aset Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Serang, Lukman Harun mengatakan bahwa sebanyak 253.452 aset Pemkab Serang belum teridentifikasi asal usulnya.

“Itu barangnya ada tapi belum diketahui belinya dari mana. Aset itu kan ada karena belanja modal atau hibah. Ada barang yang saat ini menjadi aset Pemkab Serang belum diketahui dibeli tahun berapa dan sumber keuangannya dari mana. Yang seperti itu kita berikan nilainya satu di laporan,” kata Lukman, kemarin.

Pihaknya, kata Lukman, terus melakukan perbaikan dan pembenahan aset untuk mendukung pencapaian penilaian wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. “Kekurangan penilaian BPK itu paling banyak berasal dari catatan aset yang kurang lengkap,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, saat ini tanah milik Pemkab Serang baru 10,22 persen yang jelas kepemilikan dan data administrasinya.

“Baru segitu yang jelas secara de jure. Sisanya belum ada. Bahaya kan kalau ada klaim-klaim dari masyarakat. Kita juga sedang benahi ini,” kata Lukman seraya mengatakan, ketidaklengkapan administrasi kepemilikan tanah kebanyakan berada di dinas pendidikan.

“Mungkin dulu itu pas banyak dibangun SD-SD inpres. Saat itu kan masyarakat ngasih aja tanahnya untuk pemerintah. Sekarang ahli warisnya yang banyak menggugat,” tuturnya.

Lukman juga mengungkapkan, pihaknya terus mengecek barang-barang inventaris di setiap SKPD. Ia memperkirakan, masih banyak kendaraan milik Pemkab Serang yang tidak tercatat di kartu inventaris barang (KIB).

“Yang ke Kota Serang, itu juga masih ada yang tercatat. Nanti harus ada surat keputusan penghapusannya. Atau malah sebaliknya ada di KIB tapi tidak ada barangnya. Nanti administrasinya, STNKnya diakurkan dengan catatan di bidang aset,” kata Lukman.

Ia mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah, barang daerah terbagi menjadi lima macam berdasarkan kartu inventaris barang (KIB).

“Kita memiliki 2.409 item gedung dan bangunan, 1.584 item jembatan dan irigasi, 5.759 aset lainnya meliputi buku kemudian barang-barang yang belum tercantum di ‘item-item’ sebelumnya,” kata Lukman. (haryono/dms)

Selasa, 17 Mei 2011

Sumber: http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/05/17/belum-teridentifikasi-253-452-aset-kabupaten-serang

About beritaaset

Aset untuk semua

One response to “Belum Teridentifikasi, 253.452 Aset Kabupaten Serang”

  1. nandang says :

    memang benar. klo ngomonin aset daerah jangan lupakan sejarah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: