Komisi A Dorong Pembentukan Buku Aset

 

Semarang, CyberNews. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki aset senilai tidak kurang dari Rp 13 triliun, namun karena peliknya persoalan aset belum semua tercatat dengan baik dan bahkan masih banyak yang belum bersertifikat.

Berdasarkan data Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Jateng, aset Pemprov tercatat sebanyak 10.897 bidang berupa tanah dan bangunan yang terkonversi dalam 6.321 bidang. Dari jumlah tersebut 5.316 bidang telah disertifikasi dan 839 sisanya masih dalam proses.

 Ketua Komisi A DPRD Jateng Fuad Hidayat mengatakan, penanganan aset tidak hanya sekedar menyertifikatkan bidang tanah. Saat ini pihaknya tengah mengupayakan pemanfaatan aset yang ada agar memiliki manfaat dan mampu menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Menilik pentingnya aset yang dimiliki, Fuad mengusulkan Pemprov Jateng segera membentuk buku aset. “Buku aset secara terpadu sangat penting dibuat agar pemprov dengan mudah mengetahui mana saja aset yang dimiliki. Dengan pembukuan secara sistematis, aset mana saja yang bisa dimanfaatkan pun kian mudah dipasarkan,” terang Fuad.

Dikatakan, setelah buku aset tersusun baik maka Pemprov Jateng bukan tidak mungkin bisa mengembangkan database tersebut untuk pembuatan data aset secara online. Ke depan, sistem data aset secara online sangat diperlukan guna optimalisasi tanah maupun bangunan milik pemprov.

Menurutnya, dengan sistem online itu, maka masyarakat luas yang berkeinginan bekerjasama dengan Pemprov Jateng dalam pemanfaatan aset bisa dengan mudah mengaksesnya.

18 Mei 2011

( Saptono Joko Sulistyo / CN32 / JBSM  )

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/05/18/86005/Komisi-A-Dorong-Pembentukan-Buku-Aset

About beritaaset

Aset untuk semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: